fbpx

Resep Yogurt Beku Rendah Lemak dan Buah-buahan yang Cocok untuk Diet

banner yogurt beku rendah lemak dan buah-buahan segar

Tubuh yang sehat berasal dari konsumsi makanan yang juga sehat. Makanan sehat bisa didefinisikan sebagai makanan dengan kandungan gizi optimal. Yogurt beku rendah lemak dan buah-buahan adalah beberapa contoh makanan sehat dengan kandungan gizi unggulan.

Apa itu Yogurt?

Yogurt adalah salah satu produk olahan dari susu yang difermentasi. Yogurt berasal dari bahasa Turki “yogurmak” yang berarti mengental. Hal ini sesuai dengan yogurt yang berbentuk krim kental berwarna putih atau kekuningan.

Yogurt diciptakan oleh para penggembala di bagian Asia tengah secara tidak sengaja beribu-ribu tahun yang lalu. Para penggembala tersebut menggunakan paruh domba untuk menyimpan susu yang sudah diperas. 

Kemudian, susu yang sedang disimpan menjadi mengental karena adanya bakteri yang berasal dari lapisan perut domba. Oleh karena itu terciptalah sebuah minuman kental yang mempunyai cita rasa asam bernama yogurt.

Yogurt merupakan salah satu minuman yang aman dikonsumsi dengan cita rasa yang enak dan unik. Yogurt memiliki tekstur yang kental dan rasa yang asam. Biasanya yogurt bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi menu sarapan atau menu diet.

Mau resep cemilan diet lainnya?

Yogurt Beku Rendah Lemak

Yogurt rendah lemak seperti apa? Yogurt rendah lemak biasa disebut dengan non-fat yogurt. Yogurt rendah lemak hanya memiliki kandungan susu sekitar 2% saja. Sedangkan yogurt tanpa lemak, biasanya terbuat dari susu skim yang mana tidak mempunyai kandungan susu sama sekali.

Keduanya bisa menjadi pilihan diet yang bagus bagi Anda karena memiliki kandungan lemak yang sangat minim dan mengandung probiotik yang sangat bagus untuk pencernaan. Oleh karena itu, keduanya bisa membantu Anda mengontrol berat badan.

Yogurt rendah lemak biasanya juga dikonsumsi secara beku. Yogurt beku memiliki tekstur yang mirip dengan ice cream. Namun, yogurt beku bisa dikatakan lebih sehat karena memiliki kandungan gizi yang lebih banyak daripada es krim.

Selain itu, yogurt yang menggunakan susu dianggap lebih bergizi daripada es krim yang menggunakan krim olahan sebagai bahan dasarnya. Rasanya yang asam dan menyegarkan menjadi daya tarik yogurt beku jika dibandingkan dengan es krim yang memiliki rasa lebih berat.

Akan tetapi, kebanyakan yogurt beku rendah lemak di pasaran sudah ditambahkan banyak gula. Hal ini dilakukan untuk memperkuat rasa yogurt. Oleh karena itu, lebih baik untuk membekukan yogurt rendah lemak sendiri di rumah daripada membeli yang ada di pasaran.

Mencampurkan yogurt beku rendah lemak dan buah-buahan juga bisa menjadi salah satu alternatif camilan sehat.

Buah-Buahan untuk Diet

Buah dapat didefinisikan sebagai bentuk cadangan makanan pada tumbuhan. Buah berasal dari bakal buah yang biasanya ada pada tumbuhan berbunga. Pada dasarnya, buah terdiri dari bagian kulit daging dan juga biji di bagian tengah.

Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan juga mineral untuk tubuh. Mulai dari vitamin A, B, B1, B6 hingga vitamin C. Buah-buahan kaya akan mineral dan serat yang bisa membantu pencernaan. Banyaknya kandungan gizi ini berperan sebagai antioksidan yang membantu mencegah penyakit..

Karena kandungannya ini, buah-buahan biasa menjadi makanan pengganti dan makanan penyelamat bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan atau sedang berdiet. Ada beberapa buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet.

  • Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi, ya itu sekitar 3 gram per porsi. Jumlah tersebut sangat cukup untuk memenuhi konsumsi serat harian. Kandungan serat terkenal bisa melancarkan pencernaan.

Selain itu, pisang bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama sehingga bisa mengontrol berat badan agar lebih ideal dan mengurangi makan yang berlebihan. Sangat cocok untuk kalian yang sedang diet bukan?

  • Lemon

Walaupun memiliki rasa yang asam lemon terkenal sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Sari lemon yang diminum dalam dalam keadaan perut kosong di pagi hari bisa menyehatkan sistem pencernaan, memperlancar detoksifikasi pada tubuh dan membakar kalori.

Sari lemon bisa dicampurkan dengan air hangat dan dikonsumsi di pagi hari. Anda bisa menambahkan madu agar rasanya tidak begitu asam. Untuk menambah kandungan gizi, seringkali orang-orang menambahkan Chia seed ke dalam minuman lemon.

Karena penjelasan di atas, banyak yang menganggap lemon sebagai buah super dan wajib dikonsumsi saat berdiet.

  • Pepaya

Pepaya terkenal karena bisa melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan pepaya mengandung enzim tertentu yang bisa melancarkan pencernaan. Selain itu, buah ini kaya akan serat untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Dengan teksturnya yang lunak, pepaya enak untuk dikonsumsi secara langsung maupun dicampur dalam berbagai jenis makanan seperti puding, salad, dan lain-lain.

  • Berry

Beri-berian terkenal karena warnanya yang mencolok. Mulai dari strawberry yang berwarna merah terang blueberry yang berwarna ungu kehitaman, dan masih banyak jenis berry lain dengan warnanya masing-masing.

Warna yang mencolok dalam daging buah dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan kaya akan serat. Selain bisa melancarkan pencernaan mengkonsumsi buah-buahan ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit datang.

Yogurt beku rendah lemak dan buah-buahan bisa dikombinasikan menjadi satu olahan makanan yang cocok untuk diet. Berikut adalah resep Yogurt Bites yang super gampang dan bisa Anda coba di rumah untuk menambah konsumsi serat harian dan tubuh yang lebih sehat.

Resep Yogurt Beku Rendah Lemak dan Buah-buahan Viral

Yogurt Bites adalah salah satu makanan olahan yogurt dan buah-buahan yang akhir-akhir ini viral di sosial media. Yogurt yang biasa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, diolah menjadi snack beku seukuran gigitan yang sehat tapi tetap enak.

Yogurt adalah olahan susu yang creamy tetapi juga asam dipadukan dengan potongan buah-buahan yang asam manis membuat perpaduan camilan yang menyegarkan. Tentunya kita tahu kalau kedua bahan tersebut memiliki kandungan vitamin yang tinggi.

Oleh karena itu, resep yogurt beku rendah lemak kali ini bisa Anda coba dan menjadi salah satu pilihan camilan sehat bagi keluarga.

Bahan

  • Yogurt rendah lemak
  • Buah-buahan (sesuaikan dengan selera masing-masing)
  • Madu
  • Dark coklat

Cara Membuat

  • Siapkan yogurt rendah lemak sesuai kesukaan Anda ke dalam mangkuk
  • Potong buah-buahan menjadi ukuran kecil dan agak tipis. 
  • Masukkan potongan buah ke dalam mangkuk berisi yogurt
  • Tambahkan madu sesuai selera. Madu bersifat opsional dan bisa ditambahkan apabila Anda ingin yogurt bites yang tidak begitu asam.
  • Aduk merata
  • Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diberi kertas baking
  • Masukkan loyang berisi adonan ke dalam freezer dalam beberapa jam.
  • Sambil menunggu yogurt membeku, cairkan dark coklat
  • Apabila yogurt sudah membeku, potong ke dalam ukuran yang Anda mau
  • Celupkan potongan yogurt ke dalam coklat cair
  • Bekukan ke dalam freezer sebentar agar coklat lebih kokoh
  • Yogurt bites dapat disajikan

Yogurt beku rendah lemak dan buah-buahan ini gampang dibuat dan bisa dimodifikasi sesuai dengan selera Anda. Camilan ini cocok sekali untuk segala usia. Apalagi untuk anak-anak yang kesulitan mengkonsumsi yogurt dan buah-buahan yang biasanya terasa sangat asam.

 

Referensi:

Kompas

Halodoc

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *