fbpx

5 Tips Membangun Bisnis Jasa Desain Grafis Bagi Pemula

bisnis jasa desain grafis

Share or save for later :

Di era digital seperti sekarang, banyak orang membutuhkan desainer grafis. Hal ini menjadi peluang besar bagi Anda yang ingin membuka bisnis jasa desain grafis. Apalagi pekerjaannya cukup fleksibel karena dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun.

Banyak peluang bisnis menarik bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang grafis. Buktinya sekarang ini banyak desainer grafis sukses yang melakukan pekerjaan dari rumah (remote working). 

Apa Itu Desain Grafis?

Secara sederhana, pengertian desain grafis adalah suatu proses komunikasi yang diungkapkan melalui elemen visual menarik baik dalam bentuk tulisan, gambar, maupun bentuk. Semakin kreatif dan unik, maka hasil grafis juga semakin memuaskan.

Anda pasti tahu kalau saat ini banyak pekerjaan yang mulai beralih secara virtual. Apalagi angka pekerja remote juga semakin tinggi semenjak tahun 2020 lalu. Alasan lain adalah tentang pendapatan, bisa dibilang kalau bisnis desain grafis benar-benar menjanjikan.

Dikutip dari findstack.com, statistik menunjukkan bahwa 77% pekerja jarak jauh mengungkapkan bahwa pendapatan mereka lebih tinggi dari pekerja lain.

Bahkan mereka juga lebih produktif saat bekerja dari rumah. Ini menunjukkan bahwa kerja virtual semakin diminati sekaligus memiliki prospek yang gemilang.

Bagaimana Cara Membangun Bisnis Jasa Desain Grafis?

Membuka bisnis desain grafis bukanlah hal yang terlalu sulit, apalagi jika Anda sudah memiliki keahlian ini. Kekinian juga semakin banyak orang yang mencari seorang desainer grafis, termasuk perusahaan-perusahaan besar.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk membangun usaha desain grafis.

1) Menyusun Rencana Bisnis

Hal pertama yang paling penting selain niat adalah menyusun rencana bisnis dengan matang. Pebisnis pasti memiliki rencana yang matang untuk mencapai suatu kesuksesan di masa mendatang. Terutama jika Anda ingin membangunnya sendiri dari awal dengan pemasarannya secara virtual.

Coba perhatikan beberapa elemen penting seperti nama bisnis, modal untuk membangun bisnis, target pasar, dan keuntungan per tahun. Kalau semua sudah terencana dengan baik, Anda jadi tahu ke mana arah bisnis akan dibawa.

2) Membuat Portofolio Menarik

Selain rencana masa depan bisnis, portofolio menarik juga memegang peranan penting dalam suatu bisnis desain grafis. Portofolio merupakan salah satu hal pokok yang akan dipertimbangkan oleh klien sebelum bekerjasama dengan Anda.

Portofolio tersebut dapat Anda pasang di beberapa media online, misalnya website, instagram, LinkedIn, maupun beberapa platform lainnya.

Sekarang ini kerjasama bisa terjalin dengan mudah jika klien berhasil menemukan Anda. Lakukan upaya sebaik mungkin supaya orang-orang tahu bahwa Anda kompeten dan memiliki komitmen tinggi untuk menyelesaikan proyek-proyek tepat waktu.

Ingat bahwa media online telah menjadi strategi pemasaran terbaik di era serba digital seperti sekarang.

3) Memperbanyak Relasi

Pernah dengar istilah getok tular? Kurang lebih bisnis juga bekerja dengan cara ini sehingga berkembang semakin baik.

Sebagai contoh, Anda memiliki klien yang sudah cocok, suatu saat tentunya klien tersebut juga akan merekomendasikan jasa Anda kepada orang lain yang membutuhkan. Penyampaian dari mulut ke mulut itulah yang disebut sebagai getok tular. 

Bukan hanya membangun hubungan baik dengan klien saja, tapi juga dengan para desainer grafis lain yang sudah besar.

4) Memasang Harga Kompetitif

Harga juga menjadi pertimbangan penting yang harus Anda pikirkan secara masak. Pasanglah harga kompetitif yang sesuai dengan tarif pasaran. Jangan terlalu murah atau terlalu tinggi. 

Jangan lupa untuk mengimbangi harga dengan kualitas pelayanan terbaik. Misalnya menjawab chat pelanggan dengan cepat dan ramah, serta menjawab setiap pertanyaan.

5) Meminta Testimoni

Kepercayaan klien baru juga datang dari testimoni yang diberikan oleh klien sebelumnya. Itulah kenapa penting sekali untuk meminta testimoni dari pelanggan yang telah menerima jasa Anda. 

Testimoni-testimoni terbaik dari pelanggan itu nantinya harus Anda pasang di beberapa media sosial maupun website. Buktikan kepada para pencari jasa mengenai nilai dan kualitas jasa Anda. Dengan begitu, kepercayaan pelanggan juga lebih tinggi sehingga tidak ragu untuk menggunakan jasa Anda.

Apa Saja Jasa Desain Grafis yang Menguntungkan?

Sebelum memulai, Anda perlu tahu beberapa bisnis jasa desain grafis yang menguntungkan karena memiliki banyak peminat berikut ini:

  • Desain foto (wedding, prewedding, cover majalah, dan lain-lain).
  • Percetakan.
  • Brosur, logo, company profile, katalog produk, kalender.
  • Sablon kaos.

Bisnis ini cocok bagi Anda yang ingin membuka usaha dengan modal kecil tapi untung jutaan. Sebab yang terpenting adalah skill, pelayanan, dan bagaimana Anda melakukan promosi untuk mendapat klien.

Membangun usaha membutuhkan proses yang tidak sebentar. Selain menerapkan beberapa tips di atas, tentunya Anda juga harus memiliki komitmen kuat. Yakin bahwa hasilnya nanti tak akan mengkhianati proses saat ini.

Kesimpulannya, bisnis jasa desain grafis adalah peluang usaha yang perlu Anda pertimbangkan dengan baik. Selain membutuhkan modal yang minim, bisnis ini juga mendatangkan keuntungan jutaan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.