fbpx

5 Situs untuk Jual Foto Online Dengan Royalti Tinggi

jual foto online

Share or save for later :

Apakah Anda memiliki koleksi foto menarik dan estetik? Sayang rasanya kalau foto-foto tersebut hanya menumpuk di galeri atau diunggah di media sosial saja. Sebab saat ini siapapun bisa jual foto online dan mendapatkan cuan yang besar.

Pasalnya banyak situs yang bersedia membayar hasil jepretan Anda. Tentunya dengan beberapa aturan dan persyaratan tertentu. Bagi yang punya hobi fotografis, hal ini adalah peluang menarik yang tak boleh disiakan-siakan.

Foto Apa yang Bisa Dijual?

“Sambil menyelam minum air”, itulah ungkapan yang tepat bagi Anda pecinta foto. Selain bisa menjalankan hobi dengan bebas, Anda juga bisa menghasilkan uang dari hobi tersebut. Lalu, foto apa saja yang bisa dijual?

Mari sebut istilah foto tersebut sebagai stok foto atau foto berlisensi yang memiliki hak cipta dan laku di situs web stock. Foto Anda dapat diterima di situs-situs web stock apabila memenuhi syarat tertentu.

Berikut ini adalah beberapa kriteria dan jenis foto yang bisa Anda jual:

1. Objek Manusia

Foto orang merupakan salah satu jenis foto yang banyak laku di web stok. Asalkan foto tersebut sesuai dengan syarat yang berlaku. Anda bisa memfoto diri sendiri, teman, atau bahkan keluarga yang sedang berpose sesuai niche.

Misalnya foto sedang minum secangkir kopi, foto bercanda dengan teman, foto belajar, foto tidur, dan masih banyak lagi.

2. Photo Trends

Selanjutnya adalah foto yang tren dan selalu dibutuhkan dari masa ke masa. Foto ini bisa mencakup hubungan antara lelaki dan perempuan. Foto-foto pasangan selalu dibutuhkan hingga nanti.

Selain foto pasangan, foto seperti pemandangan alam dan kehidupan sosial juga selalu tren setiap harinya. Misalnya potret kehidupan di jalanan, hutan, pedesaan, dan tempat-tempat lain yang umum.

3. Event Penting

Beberapa kegiatan penting dan unik juga menjadi foto yang laku di web stok. Banyak yang mencari jenis foto ini untuk keperluan tertentu. 

Event penting yang dimaksud bisa berupa perayaan ulang tahun, pernikahan, anniversary, atau momen-momen tak terlupakan lainnya. Selain itu, bisa juga festival seni dan budaya, atau keberagaman lain yang ada di Indonesia.

4. Foto Makanan

Foto makanan juga tak kalah diminati sebagai foto stok yang populer. Apalagi ada banyak jenis makanan di dunia ini, termasuk di Indonesia. Anda bisa melakukan wisata kuliner sambil memotret makanan-makanan tersebut untuk dijual di web stok.

Bukan hanya makanan saja, minuman juga tak boleh ketinggalan. Meskipun banyak yang telah mengambil foto makanan dan minuman, tapi yang paling laku adalah gambar terbaik dengan angle paling tepat.

Bagaimana Cara Jualan Foto di Internet?

Semua orang memiliki kesempatan untuk bisa jual foto online di internet. Caranya sangat mudah, yaitu ambil foto terbaik dan mulai cari web stok yang Anda inginkan. Pasalnya banyak web stok terbaik yang bisa menjadi tempat Anda menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Situs Jual Foto Online Paling Populer

Mungkin Anda bertanya, dimana Bisa Menjual Hasil Foto? Nah, berikut ini adalah beberapa situs yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjual foto secara online.

1) Shutterstock

Situs Shutterstock tentu sudah tak asing lagi bagi beberapa orang. Anda bisa memanfaatkan situs ini untuk menjual foto terbaik. Pertanyaannya, berapa hasil Jual foto di Shutterstock?

Di situs jual foto online ini, foto yang Anda jual akan mendapat keuntungan sekitar 30% dari harga jual foto atau sekitar 0,25 sampai dengan 28 dolar AS.

2) iStock Photo

Rekomendasi situs kedua adalah iStock Photo. Banyak pemula maupun profesional yang menjual foto mereka di sini. Anda bisa memperoleh royalti mulai dari 15% per unduhan. Semakin tinggi popularitas foto, maka semakin banyak keuntungan yang Anda peroleh.

3) Stocksy

Bagi para fotografer profesional dan pecinta foto sesungguhnya, situs ini benar-benar cocok. Stocksy hanya menerima beberapa fotografer saja dalam jumlah yang terbatas.

Hal yang terpenting adalah kreativitas dan kualitas foto. Jika berhasil menjadi kontributor, mereka siap memberi komisi kepada Anda hingga 50%.

4) Dreamstime

Jual foto keren Anda di Dreamstime dan dapatkan royalti mulai dari 25% sampai dengan 50%. Saldo yang Anda peroleh tersebut bisa mulai ditarik setelah jumlahnya melebihi 100 dolar AS.

5) Photocase

Tidak kalah menarik ada Photocase yang bisa Anda gunakan untuk menjual stok foto. Situs ini berasal dari Jerman dan menawarkan royalti mulai dari 20 sampai 50%. Berbeda dengan foto stok di situs lain, foto-foto yang ada di situs ini terlihat lebih orisinil.

Dengan mengambil foto sesuai kriteria tertentu, jepretan Anda pasti laku di salah satu situs yang ada di atas. Bukan hanya bisa menjalankan hobi saja, tapi juga mendapatkan royalti sebagai pendapatan tambahan.

Bagi Anda yang suka dunia fotografi, jual foto online di sejumlah web stok merupakan pilihan menarik. Tidak ada salahnya untuk mencoba alih-alih membiarkan foto-foto mengendap di galeri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.