fbpx

5 Cara Mempromosikan Produk di Sosmed untuk Bisnis Baru

Cara mempromosikan produk di sosmed

Share or save for later :

Seperti yang Anda ketahui, teknologi telah akrab digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama oleh masyarakat perkotaan. Peran teknologi juga berpengaruh pada kemajuan bisnis misalnya seperti cara mempromosikan produk di sosmed agar lebih dikenal khalayak luas.

Sosial media memiliki fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan untuk kemajuan bisnis. Anda perlu memikirkan sebuah strategi cara bila ingin menjangkau pasar lewat sosial media. Selain itu, memiliki akun sosial media bisnis sendiri bisa dijadikan sebagai identitas bisnis yang sedang Anda jalankan. 

Inilah Cara Mempromosikan Produk di Sosmed

Manfaat dari melakukan promosi adalah untuk mengenalkan produk barang dan/ jasa yang Anda tawarkan agar lebih dikenal oleh publik. Promosi yang konsisten juga efektif menarik perhatian calon konsumen untuk menggunakan atau membeli produk barang dan/ jasa yang Anda tawarkan.

Berikut cara mempromosikan produk secara online lewat sosmed:

 

  • Menentukan Target Konsumen

Langkah awal cara mempromosikan produk di sosial media adalah dengan mengenal terlebih dahulu target konsumen yang ingin Anda jangkau. Apabila Anda telah menentukan siapa target konsumen yang sesuai untuk produk barang dan/ jasa yang Anda miliki baru bisa memikirkan langkah selanjutnya. 

Dengan menentukan target konsumen, berarti Anda bisa melakukan promosi sambil menyesuaikan strategi penawaran, gaya bahasa, hingga visualisasi. Misalnya jika target konsumen Anda adalah para remaja, maka gunakan gaya bahasa yang santai dan tidak terlalu kaku dibaca. 

Jadi, promosi bisa berjalan lancar jika Anda berhasil melakukan komunikasi dengan calon pembeli yang mudah dipahami dan diterima. Itulah pentingnya menentukan target konsumen untuk bisnis yang sedang Anda jalankan. 

Lihat contoh menentukan target market dari channel Hendra Hilman ini:

 

 

  • Memilih Jenis Sosial Media 

Setelah menentukan target konsumen, baru Anda bisa memutuskan ingin memilih jenis sosial media mana yang sekiranya cocok. Terdapat berbagai cara mempromosikan produk di Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, dan sosial media lainnya yang memiliki pengguna banyak. 

Nah, karena tadi Anda sudah mengetahui target konsumen yang cocok untuk bisnis, maka lakukankah riset terkait media sosial mana yang sering dipakai oleh target konsumen Anda. Langkah ini penting agar komunikasi promosi produk berjalan lancar dan berhasil menjangkau target. 

Sebenarnya tidak ada batasan dalam memanfaatkan jenis sosial media sebagai media promosi bisnis. Cara mempromosikan produk di sosmed bisa dilakukan lebih dari satu jenis sosial media. Misalnya Anda sudah melakukan promosi di Facebook maka bisa mencoba promosi di Instagram.

Sebagai bahan pertimbangan, lihat tips memilih sosial media yg cocok untuk bisnis kita dari channel Indonerwork di bawah ini:

  • Rutin Mengunggah Konten Sosial Media

Kunci cara mempromosikan produk makanan, minuman, perabotan, skincare, dan lain sebagainya di sosial media membutuhkan ketelatenan terutama dalam hal mengunggah konten promosi. Alangkah lebih baiknya, bila Anda mengatur jadwal untuk mengunggah konten tiap hari tertentu. 

Selain mengunggah konten promosi yang mengajak calon konsumen untuk membeli atau menggunakan produk barang dan/ jasa yang Anda tawarkan, Anda juga perlu menambahkan informasi-informasi lain yang masih menyangkut tentang produk.

Misalnya Anda dapat mengunggah keunggulan dari produk yang Anda jual, memberi kuis interaktif kepada calon pembeli, dan konten lainnya agar sosial media bisnis Anda lebih bervariasi dalam hal menyuguhkan konten. Rutin mengunggah konten sosial media bisnis penting dilakukan. 

 

  • Memberikan Giveaway kepada Follower

Rintangan yang harus dihadapi pebisnis bila membuka akun sosial media untuk mempromosikan barang dan/ jasanya ialah jumlah pengikut yang tidak bertambah-tambah meski sudah lama membuat akun. Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan memberikan giveaway khusus follower.

Buatlah kata-kata cara mempromosikan barang dengan memberikan giveaway hanya kepada pembeli yang telah mengikuti akun sosial media bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa menambah pengikut di akun sosial media berkat strategi promosi

Mempunyai banyak pengikut di akun sosial media bisnis membuat calon pembeli yang sebelumnya ragu menjadi lebih percaya karena bisnis Anda terlihat kredibel dan mempunyai testimoni. Sebelumnya, dokumentasikan konsumen-konsumen agar bisa menjadi bukti penjualan. 

 

  • Bekerja Sama dengan Influencer

Cara mempromosikan produk di sosmed agar bisa dikenal oleh khalayak luas yakni salah satunya bekerja sama dengan influencer. Influencer biasanya memiliki jumlah pengikut yang melimpah sehingga cocok sekali diajak bekerja sama untuk mengenalkan produk ke publik.

Akan tetapi, tiap influencer memiliki sifat dan latar belakang yang berbeda-beda. Oleh karenanya, memilih influencer yang sesuai dengan bisnis Anda harus dipikirkan sematang mungkin. Jika Anda mempunyai usaha barang elektronik, usahakan memilih influencer yang paham dengan barang elektronik. 

Supaya penonton dari influencer tersebut tertarik membeli, Anda bisa memberikan sebuah kode promo khusus ke influencer. Kode promo khusus itu bisa dipakai oleh orang-orang yang tertarik membeli dengan potongan harga.

Tonton juga video dari channel TDA TV tentang cara memilih influencer ini:

 

Demikian informasi mengenai cara mempromosikan produk di sosmed. Media sosial yang dapat dipakai beragam mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sejenisnya. Cara-cara promosi di atas akan efektif apabila Anda mempelajarinya dengan dalam dan melakukannya dengan tekun.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.