fbpx

Daftar Lukisan Digital Termahal, Ada yang Sampai Milyaran

lukisan digital termahal

Share or save for later :

Berkembangnya teknologi digital memberi kesempatan bagi seniman di seluruh dunia untuk memasarkan karya mereka dan meraup keuntungan besar. Ada banyak karya digital yang mendapat perhatian dan terjual dengan harga selangit. Berikut lukisan digital termahal yang dijual melalui NFT.

6 Daftar Lukisan Digital Termahal

Sejak maraknya penjualan karya seni di NFT, ada banyak seniman yang meraup untung besar dengan karya seni unik dan menarik yang mereka hasilkan. Berikut 6 daftar lukisan digital dengan hasil penjualan paling mahal.

1.Everydays: The First 5000 Days

Karya seni digital ini dibuat oleh Mike Winkelmann atau yang lebih dikenal dengan nama Beeple. Everydays: The First 5000 Days ini adalah karya kolase dari 5.000 gambar digital. Karya ini merupakan bagian dari seri Everydays dari Beeple.

Karya digital ini terjual di balai lelang Christie pada tahun 2021. Harga jualnya mencapai USD 69,3 juta atau setara dengan Rp.997,7 miliar.

Karya ini dibeli oleh programmer dari Singapura Vignesh Sundaresan. Ia membayar kolase lukisan digital ini dengan menggunakan 42.329 Eter. Karya ini terinspirasi dari seniman Inggris Tom Judd. Proyek Beeple ini sendiri dikerjakan selama 13 tahun sebagai proyek harian seni sejak Mei 2007.

2. CryptoPunk #7523

Karya seni ini merupakan salah satu koleksi dari sembilan CryptoPunk. Karya seni digital ini adalah hasil karya dari Larva Labs, sebuah studio yang berasal Amerika Serikat. Studio seni ini dibuat oleh dua seniman Matt Hall dan John Watkinson.

Gambar NFT alien yang memakai topeng ini dikenal dengan nama Covid Alien. Karya ini dianggap sebagai seni yang langka. CryptoPunk #7523 sendiri berhasil dijual dengan harga USD 11,75 juta atau sekitar Rp. 168,2 miliar.

Pengusaha pendiri SBTech, Shalom Meckenzie yang berhasil membeli CryptoPunk #7523 ini dalam lelang seni Native Digital. Dengan harga jual ini CryptoPunk #7523, termasuk dalam daftar NFT termahal.

3. CryptoPunk #7804

Gambar digital berbentuk alien merokok pipa dan memakai topi dilengkapi dengan kacamata hitam ini masuk daftar lukisan digital termahal karena keunikannya. Seni digital ini berhasil terjual dengan harga USD 7,56 juta atau sekitar Rp. 108,8 miliar. Karya seni ini dibeli oleh CEO Figma Dylan Field.

Karya seni digital ini dijual mahal bukan tanpa alasan. CryptoPunk sendiri adalah pionir seniman NFT yang paling lama, yang sampai saat ini masih eksis. Alasan lain adalah lebih karena NFT memiliki nilai yang sangat tinggi dan sedang tren karena diberlakukannya sistem kelangkaan token.

4. CryptoPunk #3100 

Seni digital keluaran Larva Labs ini berupa gambar digital alien yang mengenakan ikat kepala biru. Karya unik ini lagi-lagi laku terjual dengan harga tinggi pada Maret 2021 lalu. Harga jual mencapai USD 7,51 juta atau sekitar Rp. 108,1 miliar. Lukisan digital ini dibeli oleh anonymous buyer.

Banyak investor yang berminat membeli karya CryptoPunk karena ingin memiliki NFT tertua yang masih beredar sampai saat ini. Dengan tingginya peminat dari karya seni ini, banyak selebriti dunia seperti Selena Williams, Jay-Z, dan lainnya menggunakan profil foto CryptoPunk di sosial media mereka.

5. Crossroad

Karya Beeple ini kembali masuk daftar lukisan digital termahal, dengan penjualan awal pada November 2020 seharga. Karya ini awalnya dibeli oleh pengguna Twitter dengan nama Pablorfraile di akhir 2020. Dan dijual kembali pada Februari 2021 pada anonymous buyer lewat rumah lelang NFT, Nifty Gateway.

Harga jual kembali seni ini melambung hingga mencapai USD 6,6 juta atau setara dengan Rp 94,4 miliar. Lukisan digital ini menggambarkan tentang pemilihan presiden di AS 2020.

Dimana dalam gambarnya terlihat seorang pria mirip mantan Presiden Trump terbaring terpuruk di latar gambar, terdapat berbagai tulisan hinaan di tubuh gambar pria ini.

6. Ocean Front

Kembali karya desainer grafis dan seniman NFT, Mike Winkelmann atau Beeple berhasil dijual dengan harga tertinggi. Lukisan unik ini laku dengan harga USD 6 juta atau sama dengan Rp. 85 miliar. Karya ini dilelang di marketplace Nifty Gateway, yang sudah dikenal sebagai rumah lelang NFT.

Pembeli lukisan ini adalah Justin Sun, Pendiri dan Chief Executive Officer Tron Foundation. Seni berjudul Ocean Front ini membawa misi untuk mengungkapkan tentang tantangan perubahan iklim saat ini. Lukisan digital ini menampilkan pohon yang tumbuh di atas gambar trailer dan kontainer pengiriman yang ada di atas laut.

—-

Berbagai lukisan digital termahal merupakan karya seniman yang telah lama menekuni seni digital NFT. Terbukti bahwa di era teknologi baru ini, keterampilan seni digital bisa menghasilkan banyak uang.

Karya seni NFT tidak terbatas lukisan saja, seperti karya Ghozali Everyday berhasil meraup milyaran rupiah dengan foto selfie yang dijual di OpenSea.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.