fbpx

7 Rekomendasi Tools Backlink Checker Terbaik

Backlink checker

Salah satu cara mengoptimalkan SEO agar website masuk halaman 1 mesin pencari yaitu dengan melakukan link building atau tukar backlink. Namun, jangan asal terima backlink sembarangan. Gunakan backlink checker untuk mengecek kualitas backlink yang mengarah ke website Anda.

Sekilas Tentang Backlink

Backlink adalah link atau tautan pada suatu website yang mengarah ke website Anda. Backlink terbentuk ketika sebuah website menyisipkan tautan website Anda sebagai sumber rujukan. Atau sebagai link eksternal untuk membantu optimasi dan meningkatkan otoritas situs website Anda.

1. Manfaat Backlink

Mendapatkan backlink berkualitas (bukan berupa spam) dari website lain memiliki banyak manfaat bagi pemilik website, di antaranya:

  • Membantu website mudah dikenali mesin pencari, sehingga menaikkan rangking website pada hasil pencarian.
  • Mendapatkan traffic rujukan yang berpotensi meningkatkan jumlah kunjungan ke halaman website Anda.
  • Meningkatkan branding dan kredibilitas website, sehingga website Anda lebih dikenal dan dipercaya oleh banyak orang.
  • Membangun relasi dengan blogger atau pemilik website lain untuk membangun jaringan profesional dan bisnis.

2. Alasan Pentingnya Mengecek Backlink

Tidak semua backlink yang mengarah ke website Anda merupakan backlink berkualitas. Ada juga yang berupa spam, sehingga berpengaruh buruk pada website Anda. Karena itulah, diperlukan pengecekan backlink secara berkala yang berguna untuk:

  • Memeriksa progress dan hasil link building yang Anda lakukan.
  • Memeriksa beragam link yang masuk.
  • Mengetahui profil backlink pada website Anda, apakah berkualitas baik atau buruk.
  • Melakukan penolakan pada backlink yang buruk agar tidak merusak website.

Rekomendasi Tools Backlink Checker Terbaik

Saat ini terdapat banyak tools atau software yang memudahkan Anda melakukan pengecekan backlink secara praktis. Fitur-fiturnya beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut beberapa rekomendasi terbaiknya.

1. Backlink Checker Cinmu

Ingin tahu website mana yang paling banyak memberikan link ke website Anda? Tentunya Anda bisa tahu menggunakan backlink checker gratis di sini.  Anda juga bisa memakai alat pemeriksa backlink lainnya, backlink kualitas bagus, jelek baru di halaman SEO tools Cinmu ini.

2. Google Search Console

Google Search Console bisa menjadi free tools terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengecek backlink. Tools ini 100% gratis dan memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap. Software ini mampu menampilkan data trafik pencarian dan menunjukkan frekuensi website Anda pada hasil pencarian Google.

Data tersebut membantu Anda dalam memahami performa website, serta bagaimana website lain dapat menemukan situs Anda. Selain itu, layanan dari Google ini juga dapat membantu mengatasi masalah pengindeksan yang menghambat proses link building, dan sebagainya.

3. SEMrush

SEMrush termasuk tools optimasi SEO paling populer yang banyak digunakan. Khususnya untuk mengecek kualitas backlink. Kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Karena SEMrush aktif melakukan crawling ke lebih dari 17 miliar URL setiap hari dan telah menganalisa 33 triliun backlink.

Fitur-fiturnya juga sangat lengkap. Mulai dari fitur backlink audit, backlink gap, hingga link building tool. Alat ini mampu mengidentifikasi semua backlink yang masuk, serta menunjukkan kualitas masing-masing domain yang membagi backlink tersebut.

Selain itu, SEMrush dapat membantu Anda melacak backlink pada website kompetitor, serta membandingkan progress link building mereka. Tools ini dapat digunakan secara gratis selama 7 hari dan setelah itu berbayar dengan biaya paket mulai dari Pro USD 99.95/ bulan.

4. Ahrefs

Rekomendasi backlink checker berikutnya adalah Ahrefs. Tidak mau kalah dari SEMrush, Ahrefs telah melakukan crawling ke 16 triliun halaman website dan memperbarui datanya setiap 15-30 menit, sehingga pengguna dapat memeriksa indeks backlink secara realtime.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Cukup kunjungi situs Ahrefs, lalu masukkan link website Anda atau link lain yang ingin diperiksa. Nanti akan tampil daftar backlink yang mengarah ke situs tersebut, lengkap dengan informasi domain rating, anchor text distribution, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, Ahrefs juga dilengkapi fitur trafik pencarian Google, serta notifikasi adanya backlink baru atau yang telah hilang. Layanan Ahrefs versi gratis dapat digunakan secara terbatas. Jika ingin menggunakan layanan premium, Anda bisa berlangganan mulai dari USD 99-999 per bulan.

5. BuzzSumo

BuzzSumo juga termasuk tools analisa SEO yang lengkap, termasuk dalam memeriksa backlink. Menariknya, alat ini menyediakan data unik, yaitu berupa data engagement media sosial yang ditautkan pada website, seperti Facebook dan Twitter.

Selain itu, BuzzSumo memiliki 4 filter dalam proses pengecekan backlink, yaitu domain, past year, target links to exact page, dan all results. Keunggulan lainnya terletak pada tampilan dashboard yang mudah digunakan, serta adanya notifikasi jika ada backlink baru yang mengarah ke website Anda.

BuzzSumo menyediakan layanan gratis dengan fitur terbatas. Sementara biaya berlangganan fitur lengkapnya mulai dari USD 99 – 499 per bulan

6. Ubersuggest

Ubersuggest dapat menyajikan laporan backlink secara real-time dengan detail informasi yang cukup lengkap. Mulai dari daftar 100 backlink, data top pages domain, serta grafik pertumbuhan masing-masing backlink secara periodik.

Tools buatan Neil Patel ini juga memungkinkan pengguna menganalisa backlink pada website kompetitor. Alat ini juga dilengkapi filter khusus yang memudahkan pengguna dalam menganalisa backlink, seperti filter lokasi, skor domain, serta jenis backlink dofollow atau nofollow.

Selain itu, terdapat informasi trafik bulanan yang dapat diperoleh suatu domain secara organik setiap bulannya. Platform ini dapat dinikmati secara gratis dengan fitur terbatas. Jika membutuhkan analisa data yang lebih lengkap, Anda dapat berlangganan mulai USD 12-40 per bulan.

7. Moz Pro

Moz Pro mempunyai data backlink mencapai 40 triliun lebih. Cara menggunakan backlink checker ini juga sangat mudah. Cukup masukkan alamat website yang ingin diperiksa pada kolom link research. Nanti akan muncul data statistik backlink dan laporan historisnya.

Tools ini juga dapat menampilkan metrik pertumbuhan backlink, serta perbandingan backlink dofollow dan nofollow. Pengguna juga dapat memeriksa broken link dan backlink spam, serta membandingkan kualitas backlink situs Anda dengan 5 website kompetitor sekaligus.

Ada juga fitur quick download untuk mengunduh laporan lebih praktis dan data page authority yang menampilkan potensi ranking di search engine. Moz Pro menyediakan free trial selama 30 hari. Selanjutnya, Anda bisa berlangganan semua fiturnya mulai dari USD 99-599 per bulan.

8. Majestic

Majestic menyediakan banyak fitur menarik yang memudahkan pemilik website memantau portofolio backlink secara praktis. Salah satunya yaitu mengetahui jumlah backlink dari setiap halaman dan menganalisa halaman mana yang memiliki performa backlink terbaik.

Cara menggunakan tool ini sangatlah mudah. Cukup masukkan domain yang ingin diperiksa pada kotak pencarian. Nanti Majestic akan menampilkan data backlink lengkap, termasuk riwayat backlink dan data tautan balik eksternal. Ada juga informasi rujukan subnet dan domain secara detail.

Semua data itu berguna untuk mengetahui situs mana saja yang memberikan backlink, serta bagaimana kualitas backlink masing-masing. Anda dapat menggunakan semua fitur Majestic dengan berlangganan mulai dari USD 49-399 per bulan.

Menggunakan backlink checker bisa menjadi langkah terbaik untuk mengecek kualitas backlink yang berpengaruh pada SEO website secara organik. Coba gunakan beberapa rekomendasi tool pemeriksa backlink di atas dan pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Referensi: niagahoster, garuda.website

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *